Rabu, 14 Oktober 2020

Sosialisasi Pengenalan Fitur Rumah Belajar di SD 153/IX Desa Mekarsari Makmur Penuh Cerita Mati Lampu dan Hilang Timbul Sinyal Internet

Sosialisasi Pengenalan Rumah Belajar pertama saya berkolaborasi dengan teman seperjuangan di level 4 Pembatik berbagi Junrotun, S.Pd di SD 153/IX Desa Mekarsari Makmur.  Hari kamis tanggal 07 oktober 2020 pukul 09.00 kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan, dimana dihari sebelumnya kami meminta izin kepada kepala sekolah SD 153/IX. Bapak Sukisno sebagai kepala sekolah menyambut dengan antusias niat kami ini dan sangat tertarik mengenal Rumah Belajar.

Dihari kegiatan sosialisasi ternyata dari pagi terjadi pemadaman listrik, tentunya ini sedikit banyak menghambat kami dalam memaparkan materi. Pemadaman listrik juga diikuti dengan hilang timbul jaringan internet di wilayah tersebut. Sedikit hambatan ini tidak menyurutkan semangat kami untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi Rumah Belajar.

Kegiatan dibuka oleh Kepala SD 153/IX, beliau mengatakan bahwa menyambut dengan tangan terbuka dan mendukung secara penuh guru guru di SD 153/IX untuk mengikuti kegiatan sosialisasi Rumah Belajar. Beliau berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan bertanya jika ada materi yang belum dipahami kepada Narasumber dari Sahabat Rumah Belajar. Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang ikut serta kegiatan ini dari awal sampai akhir acara dan permohonan maafnya atas kendala listrik mati.

Foto bersama dengan Bapak Kepala SD Desa Mekarsari Makmur
Foto bersama dengan Bapak Kepala SD 153/IX Mekarsari Makmur

Sebelum sosialisasi mengenai Rumah Belajar Ibu Junrotun, S.Pd menjelaskan dahulu apa itu SIMPATIK (Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK) kemudian PEMBATIK (Pembelajaran Berbasis TIK) setelahnya pengenalan fitur rumah belajar. Peserta sosialisasi diminta untuk langsung membuka website tentang Simpatik ini melalui laptop atau hp mereka dan mendaftarkan akunnya. Sinyal yang tidak bersahabat ini membuat beberapa peserta sosialisasi berinisiatif meminta hotspot dari hp teman guru yang lain agar masih dapat mengakses website Simpatik. Ketika materi sudah masuk kepengenalan fitur fitur rumah belajar peserta semakin antusias, membuka sumber belajar langsung memutar konten yang berkaitan dengan materi yang mereka ajar. Saya berkeliling membantu Ibu-ibu yang sekiranya mengalami kesulitan membuka conten di sumber belajar tersebut. Suasana sempat riuh ketika video pembelajaran sulit terbuka karena sinyal, sedikit kecewa dirasakan oleh salah satu guru ketika hanya pasrah hp nya sama sekali tidak mempunya jaringan internet. Saya berusaha membantu dengan menawarkan jaringan hotspot dari hp saya, awalnya Ibu itu menolak tetapi akhirnya bersedia menerima, 

sosialisasi rumah belajar
Peserta sosialisasi bertanya cara membuka sumber belajar di Portal rumah belajar

Materi kedua sosialisasi ini adalah penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran yang saya sendiri sebagai pematerinya. Sebagian peserta belum mengenal quizizz ini, ada yang sudah pernah mendengar tetapi belum tau cara membuat dan menggunakan kuis online ini dalam pembelajaran. Saya langsung mempraktekan penggunaan quizizz ini, mereka sebagai peserta kuis dan diminta mengerjakan soal quizizz melalului hp masing masing. Sorak sorai mereka terdengar ketika peringkat masing masing saya sebutkan, karena saya tidak bisa menampilkan skor dan peringkatknya di depan ruangan. Tanggapan peserta dari guru guru SD 153/IX ini menilai bahwa siswa mereka akan sangat tertarik menggunakan quizizz dalam pembelajaran daringnya. Tampilan quizizz yang menarik dibalut dalam bentuk permainan sangat sesuai dengan usia siswa-siswanya. Setelah peserta tertarik dengan quizizz ini materi dilanjutkan dengan membuat akun, cara membuat soal, dan share ke siswa siswa melalui whatsapp.

Sosialisasi ini berjalan lancar sampai penutupan dan peserta sangat antusias mengikuti materi demi materi, ini bisa terlihat dari banyaknya pertanyaan dari peserta mengenai portal rumah belajar dan quizizz. Bapak kepala sekolah menutup acara dengan mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang hadir untuk mensosialisasikan rumah belajar dan meminta kepada para jajaranya untuk langsung menggunakan portal ini dalam pembelajaran. Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa rumah belajar diharapkan dapat merubah pembelajaran daring yang selama ini menoton menjadi menarik sehingga meningkatkan motivasi pembelajaran peserta didiknya. 
Daftar hadir peserta sosialisasi disini

Foto bersama dengan guru guru SD 153/IX Mekarsari Makmur




1 komentar:

Koneksi Antar Materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Ki hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan yang banyak memberikan sumbangan pemikirannya mengenai pendidikan di Indonesia, bahkan tanggal la...