Rabu, 21 Oktober 2020

Pemanfaatan sumber belajar dan laboratorium maya pada pembelajaran menggunakan model Flipped Classroom untuk materi Grafik Fungsi kuadrat

Fitur utama pada Portal Rumah Belajar terdiri dari sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, dan kelas maya. Sedangkan pada sumber belajar terdiri dari video, web, dan audio yang bisa diakses oleh sahabat rumah belajar dimanapun berada. Tampilan video yang menarik dan isi materi sesuai dengan kurikulum 2013 membuat guru dan siswa tidak perlu bingung ketika menacari bahan/materi pelajaran. Untuk matapelajaran matematika khususnya materi grafik fungsi kuadrat kelas IX semester satu saya menggunakan sumber belajar berupa web. Ditengah pandemi saat ini dmana guru dan siswa dituntut untuk melakukan pembelajaran jarak jauh sangat la sulit bagi saya untuk menyampaikan materi ini kepada siswa. Namun di rumah belajar menyediakan sumber belajar yang lengkap bukan hanya materi tetapi konten web ini juga dilengkapi dengan simulasi, latihan soal, dan tes. Uraian materi tentang grafik fungsi kuadrat di paparkan secara jelas, singkat tetapi mudah dipahami siswa. Begitu pula dengan menu simulasi di web ini, siswa diajak untuk lebih memahami hubungan antara nilai a dengan gambar grafik fungsi kuadrat. Perubahan perubahan grafik yang terlihat pada simulasi dari terbuka keatas atau terbuka kebawah, atau dari gambar grafik gemuk menjadi kurus semua bisa siswa lihat di menu simulasi ini. Berikut web grafik fungsi kuadrat pada fitur sumber belajar


Web sumber belajar

Pembelajaran yang menarik tentunya juga didukung oleh pemilihan model pembelajaran yang tepat, model Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang sangat cocok untuk pembelajaran jarak jauh saat ini. Tentunya ada yang sudah mengenal model pembelajaran ini ada juga yang baru pertama kali mendengar model Flipped Classroom. Flipped classroom adalah model pembelajaran dimana siswa diberikan tugas terlebih dahulu oleh guru untuk dibaca atau dikerjakan di rumah. Tugas yang diberikan berupa bahan ajar, video, ataupun soal-soal. Pada saat kelas tatap maya/daring dimulai guru melakukan tanya jawab atapun diskusi terkait  materi yang telah guru kirim beberapa hari sebelumnya. Tentunya ini terbalik dengan pembelajaran tatap langsung yang biasa dilakukan oleh guru, sehingga model ini juga dikenal dengan model pembelajaran terbalik.

Langkah-langkah pembelajaran Flipped Classroom adalah :

  1. Memberikan pengetahuan mengenai model pembelajaran ini kepada siswa dan orang tua
  2. Mempersiapkan bahan dan materi pembelajaran yang akan dipelajari siswa
  3. Membagikan bahan dan materi pembelajaran ke siswa melalui washap atau media komunikasi lainya
  4. Pemantauan oleh guru 
  5. Elaborasi dan eksplorasi berupa tanya jawab atau diskusi ketika pembelajaran tatap maya dilakukan
  6. Evaluasi
Web mengenai grafik fungsi kuadrat dikirim terlebih dahulu kepada siswa sebagai penerapan langkah dalam model pembelajaran Flipped Classroom. Saya meminta siswa untuk membuka link tersebut dan membaca serta melakukan perintah perintah yang ada di menu web sumber belajar. Saya akan memantau jika ada siswa yang mengalami kesulitan yang dihadapi selama proses pemanfaatan sumber belajar ini. Pada langkah elaborasi dan eksplorasi guru dan siswa melakukan tanya jawab dan diskusi mengenai materi grafik fungsi kuadrat. Langkah ini dilakukan ketika proses pembelajaran tatap maya berlangsung dan disini guru juga megirimkan link laboratorium maya untuk di buka siswa saat pembelajaran.

Fitur utama Laboratorium maya

Labaoratorium maya adalah fitur utama yang ada di sumber belajar yang digunakan siswa untuk melakukan percobaan secara virtual. Pembelajaran jarak jauh tidak menghentikan kita untuk melakukan pratikum, dengan laboratorium maya pratikum dapat dilakukan sehingga diharapkan siswa lebih memahami materi pembelajaran. Khusus materi grafik fungsi kuadrat model pembelajaran Flipped Classroom siswa melakukan percobaan secara virtual, dimana siswa memasukan nilai a, b, c pada fungsi kuadrat. Siswa akan melihat gambar yang ditampilkan di laboratorium maya berupa grafik fungsi kuadrat dari yang terbuka keatas atau terbuka kebawah. 

Grafik fungsi kuadrat di Laboratorium Maya

Materi yang saya pikir akan susah dipahami siswa tetapi dengan laboratorium maya segalanya menjadi lebih mudah. Terlepas dari segala kendala yang dihadapi ketika proses pembelajaran berlangsung, seperti sinyal internet atau ada beberap siswa yang masing bingung menggunakan laboratorium maya grafik fungsi kuadrat. Hal itu terjadi karena mereka belum terbiasa dengan menu menu di laboratorium maya tersebut. Secara umum mereka senang dan tertarik mengikuti pembelajaran, dan pembelajaran diakhirin dengan evaluasi menggunakan fitur bank soal pada rumah belajar.

Berikut vlog saya Pemanfaatan sumber belajar dan laboratorium maya menggunakan Model Flipped Classroom 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Ki hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan yang banyak memberikan sumbangan pemikirannya mengenai pendidikan di Indonesia, bahkan tanggal la...