Kamis, 15 Oktober 2020

Pembelajaran Jarak Jauh Semakin Asyik Bersama Rumah Belajar DI SD 74/IX Desa Suka Makmur

Kegiatan sosialisasi Rumah Belajar masih berlanjut, kali ini di SD 74/IX Desa Suka Makmur hanya berjarak 100 m dari SMP tempat saya bertugas. Hari ini tanggal 08 oktober tahun 2020 Bapak Muntar Simatupang S.Pd sebagai Kepala SD 74/IX menyambut saya bersama Ibu Junrotun pagi ini dengan suka cita. Pukul 09.20 WIB kegiatan sosialisasi rumah belajar dibuka oleh Kepala Sekolah dengan harapan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan semangat. Lebih lanjut Bapak Kepala Sekolah mengatakan di masa pandemi ini dimana siswa tidak bisa hadir untuk belajar di sekolah memang dibutuhkan sumber belajar interaktif dan menarik bisa digunakan oleh para guru. Daftar hadir peserta bisa dilihat disini.

Bersama Kepala SD 74/IX dan suasana sosialisasi

Di masa pandemi covid 19 ini pembelajaran jarak jauh adalah solusi yang terbaik dilakukan agar pembelajaran di sekolah masih bisa dilaksanakan. Banyak sekali aplikasi atau portal pembelajaran yang hadir bisa kita pilih untuk menunjang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dari rumah. Jauh sebelum pandemi pemerintah sudah memiliki Portal Rumah Belajar yang memiliki banyak fitur fitur pembelajaran, terdiri dari fitur utama dan fitur pendukung,
Fitur utama 
a. Sumber Belajar
Berisi bahan ajar interaktif berupa video, web, simulasi, evaluasi maupun permainan
b. Kelas Maya
Sebuah Learning Management System (LMS) berupa kelas pembelajaran tatap maya antara guru dan siswa, sehingga tetap terjadi proses pembelajaran. Di kelas maya guru bisa mengirim modul bahkan video pembelajaran yang akan diakses siswa. Terdapat juga penilaian yang bisa kita atur bobot nilai siswa
c. Laboratorium Maya
Adalah fasilitas yang bisa dipakai guru dan siswa yang ingin melakukan percobaan secara  virtual/maya. Dengan tampilan interaktif disertai lembar kerja dan teori pratikum, guru Ipa, Kimia  maupun matematika tidak perlu risau jika harus melakukan pratikum tanpa tatap muka dengan  siswanya.
d. Bank Soal
Kumpulan soal soal dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan SLB yang sudah dikelompokan berdasarkan materinya. 

   Fitur utama rumah belajar

Selain fitur utama di atas terdapat pula enam fitur pendukung yaitu peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan yang terbaru fitur edugame. Fitur pendukung dari rumah belajar ini akan dibahas pada blog berikutnya.
Portal rumah belajar yang disediakan pemerintah ini bisa di akses secara gratis tanpa berbayar, bisa digunakan dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Pembelajaran tentunya lebih asyik dan menyenangkan bersama rumah belajar.

Materi selanjutnya tentang penggunaan quizizz dalam pembuatan soal online untuk pembelajaran disampaikan oleh Ibu Junrotun, S.Pd. Melihat antusias peserta mempelajari quizizz ini ketika mencoba menjadi siswa mereka tidak sabar untuk diajarkan cara membuat dan share soal quizizz. Ada beberapa kelebihan aplikasi ini adalah tersedia bank soal dengan materi lengkap yang bisa dipillih oleh guru dan fitur fitur di quizizz yang sangat mudah digunakan.

Membantu peserta mengakses fitur Rumah Belajar

Sebagai penutup saya berharap semua guru guru yang telah menerima sosialisasi tentang rumah belajar bisa mengaplikasikannya dalam pembelajaran. Meningkatkan kompetensi TIK sebagai guru sangat penting dilakukan diera industri4.0 apalagi kita lagi dilanda pandemi covid 19. Pembelajaran tidak bisa dilakukan secara langsung tetapi jarak jauh. Rumah belajar telah hadir dari dahulu untuk membantu para guru berinovasi dan berkreasi agar anak didiknya tetap melakukan pembelajaran dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Foto bersama dengan peserta sosialisasi











2 komentar:

Koneksi Antar Materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Ki hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan yang banyak memberikan sumbangan pemikirannya mengenai pendidikan di Indonesia, bahkan tanggal la...